ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280
Mungkin anda pernah mendengar istilah
SCORM? Seperti kita ketahui, Portal e-Learning Rumah Banjar juga mengadopsi
konten berupa SCORM di dalamnya. Baik
itu SCORM yang anda buat dengan aplikasi tertentu, maupun SCORM hasil konversi
dari konten pelajaran yang sudah ada di Rumah Banjar sebelumnya. Namun sudahkah anda mengenal SCORM lebih
dekat?
SCORM (Shareable Content Object Reference
Model) adalah standar pendistribusian paket e-Learning yang dapat digunakan
untuk menampung berbagai spesifikasi dan standar untuk konten e-Learning
berbasis web dengan mengacu pada interoperability, accesibility, dan
reusability (Rice 2006).
Tujuan dari SCORM adalah sebuah upaya untuk
mulai menyeragamkan pengembangan sistem e-Learning berbasiskan teknologi web
yang disebut Learning Management Systems (LMS). SCORM menggunakan pendekatan
object oriented dan memandang bahwa setiap learning object atau content object
sebagai sekumpulan objek yang dapat disatukan untuk membangun suatu sistem yang
lebih besar.
Sebagai contoh, ketika suatu Portal
e-Learning/ Learning Management System (LMS) ingin bertukar konten e-learning
yang dimilikinya dengan konten e-learning LMS lain, misal saja LMS yang
dimiliki oleh Sekolah A berbeda dengan
LMS yang dimiliki Sekolah B. Dan suatu
ketika LMS Sekolah A membutuhkan konten materi pelajaran yang ada pada LMS
Sekolah B, maka LMS Sekolah A tidak perlu mengkonversi konten materi pelajaran
yang ada di LMS Sekolah B untuk menjadi kompatibel dengan LMS Sekolah A. Dengan
mengadopsi standar SCORM, berbagi konten materi pelajaran pun dapat dilakukan
dengan mudah jika Sekolah A dan Sekolah B menggunakan standar yang sama dalam
pembuatan konten walaupun memiliki Learning Management System (LMS) yang
berbeda.
Sampai saat ini terdapat tiga versi SCORM
yang telah dibuat oleh ADL. Masing-masing versi tersebut akan terus berkembang
dan mengalami perubahan. Ketiga versi SCORM tersebut adalah SCORM 1.1, SCORM
1.2, dan SCORM 2004 yang juga dapat dianggap SCORM versi 1.3. Ketiga versi
SCORM tersebut walaupun agak berbeda namun tetap disusun berdasarkan konsep
yang sama yaitu tetap memenuhi syarat berikut :
- Accessibility, kemampuan untuk mencari dan mengakses komponen instruksional dari suatu lokasi dan mengirimkannya ke banyak lokasi lain.
- Adaptability, kemampuan untuk menyesuaikan materi sesuai dengan kebutuhan pribadi dan organisasi.
- Affordability, kemampuan untuk meningkatkan efisiensi dan produktifitas dengan mengurangi biaya dan waktu yang dibutuhkan dalam pengiriman materi.
- Durability, kemampuan bertahan dari perkembangan dan perubahan teknologi tanpa banyak mengeluarkan biaya untuk mendesain, mengkonfigurasi serta penyimpanan ulang.
- Interoperability, kemampuan untuk mengambil komponen-komponen materi yang dikembangkan di suatu lokasi dengan kelengkapan tool atau platformnya dan menggunakannya di tempat lain dengan tool atau platform yang berbeda.
- Reusability, kemudahan menggabungkan dan menggunakan kembali komponen–komponen materi dalam aplikasi–aplikasi dan konteks–konteks bertingkat. (Mackenzie 2004).
Semoga Bermanfaat
Sumber :
1. http://munawar.web.id/scorm-sebuah-konsep-pembelajaran-maya-masa-depan/
2.
https://myscorm.wordpress.com/2007/06/19/apa-itu-scorm/
0 Response to "Mengenal SCORM"
Posting Komentar